Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tabung oksigen, nebulizer, masker oksigen, kolostomi bag, stetoskop, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Apa Itu Emfisema ?

Apa Itu Emfisema ?

Diposting pada 26 Desember 2018 oleh mastha medica

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Emfisema adalah salah satu bentuk paling umum dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Emfisema biasanya disebabkan oleh rokok.

Penyakit ini merusak kantung-kantung udara di dalam paru-paru (disebut juga dengan alveoli) dengan membuatnya kehilangan elastisitas secara permanen.

Alveoli adalah tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam paru-paru. Alveoli yang rusak menyebabkan kemampuan paru-paru memasok oksigen ke dalam darah menjadi berkurang.

Sampai saat ini, belum ada obat untuk menyembuhkan rusaknya alveoli ini. Artinya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Namun, Anda dapat mencegahnya agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.

Apa saja tanda-tanda dan gejala emfisema?

Gejala-gejala umum dari emfisema adalah:

  • Kesulitan bernapas
  • Batuk sebagai tanda-tanda awal
  • Kelelahan
  • Dada yang terlihat seperti barel/tong (dada yang bulat dan menonjol)
  • Sianosis (warna kebiruan pada kulit, kuku dan ujung jari)
  • Penurunan sistem imun, menyebabkan Anda berada di risiko lebih tinggi terkena infeksi paru-paru.
  • Napas menjadi pendek
  • Cepat lelah
  • Jantung berdebar
  • Penurunan berat badan
  • Depresi

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Penyebab Emfisema

Penyebab utama terjadinya emfisema adalah paparan zat di udara yang mengiritasi paru-paru dalam jangka waktu panjang. Zat yang mengakibatkan iritasi tersebut dapat berupa:

  • Asap rokok. Emfisema banyak dialami perokok, baik aktif maupun pasif, yang terpapar asap rokok dalam waktu lama.
  • Polusi udara.
  • Asap atau debu bahan kimia.

Selain paparan zat yang mengakibatkan iritasi, emfisema juga dapat terjadi karena kelainan genetik. Contohnya adalah defisiensi alpha-1-antitrypsin, di mana terjadi

kekurangan suatu protein yang berfungsi melindungi struktur elastis pada paru-paru dalam tubuh. Namun demikian, kondisi ini jarang terjadi.

Pengobatan  Emfisema

Sebelum menjalani pengobatan, dokter akan menyarankan semua penderita emfisema yang merokok untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Penyakit emfisema tidak dapat disembuhkan. Penanganan yang dilakukan bertujuan untuk meringankan gejala yang dirasakan penderita, serta memperlambat perkembangan penyakit. Pilihan penanganan emfisema dapat berupa:

  • Obat-obatan. dokter paru dapat memberikan obat pelega napas, seperti terbutaline, untuk meredakan gejala. Di samping itu, obat kortikosteroid dalam bentuk obat hirup juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan dan meredakan gejala. Untuk penderita emfisema yang mengalami infeksi bakteri, dokter akan menyertakan antibiotik.
  • Terapi pendukung. Contohnya adalah fisioterapi dada atau yang juga dinamakan program rehabilitasi paru, pemberian oksigen tambahan, dan konsultasi gizi.
  • Operasi. Prosedur ini dilakukan untuk penderita emfisema berat, antara lain berupa operasi pengangkatan paru yang rusak, agar jaringan paru yang tersisa dapat mengembang dan bekerja lebih efektif. Sedangkan jika kerusakan paru sudah sangat berat, bisa dilakukan transplantasi paru.

Di samping ketiga bentuk penanganan tersebut, pasien juga harus melakukan upaya untuk menghambat pekembangan emfisema dan mencegah komplikasi. Misalnya dengan menghentikan kebiasaan merokok, menghindari asap atau polusi udara, berolahraga secara teratur, serta melakukan vaksinasi yang dianjurkan dokter untuk mencegah infeksi paru.

Bagikan informasi tentang Apa Itu Emfisema ? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa Itu Emfisema ? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Apa Itu Emfisema ?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR
})