Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tabung oksigen, nebulizer, masker oksigen, kolostomi bag, stetoskop, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Bahaya Merokok Terhadap Sistem Pernapasan

Bahaya Merokok Terhadap Sistem Pernapasan

Diposting pada 4 Januari 2019 oleh mastha medica

Merokok memang merupakan aktivitas yang mengasyikkan dan tidak membuat bosan penikmatnya sama sekali. Jika merokok merupakan aktivitas yang tidak menyenangkan, orang- orang tidak akan mungkin tidak meninggalkan rokok yang jelas- jelas banyak menimbulkan efek negatif ini. Merokok sudah seperti budaya di Indonesia. Dengan sangat mudah kita dapat menemukan perokok di sudut kota maupun daerah di tanah air. Minat yang sangat tinggi masyarakat Indonesia terhadap rokok ini menjadikan industri rokok tumbuh subur dan berkembang di negara ini. Jika kita amati, beberapa perusahaan yang besar, bahkan sangat besar di negeri ini diduduki oleh perusahaan pembuat rokok.

Merokok tidak hanya berdampak bagi si perokok (perokok aktif) tetapi juga bagi orang yang tidak merokok namun menghirup asap rokok (perokok pasif). Berbagai penelitian tentang rokok telah membuktikan bahwa bahan kimia yang terkandung dalam rokok bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dan dapat memicu munculnya berbagai penyakit pada sistem pernapasan, misalnya jantung koroner, bronkitis kronis, asma, amfisema, strok, serta dapat memudahkan terjangkinya AIDS.

Adapun tiga bahan utama dalam asap rokok yang paling berbahaya bagi kesehatan yaitu sebagai berikut.

  1. Nikotin, adalah cairan bening yang menjadi kecoklatan jika terpapar udara. Dalam jumlah kecil nikotin mempunyai pengaruh menenangkan, tetapi dapat menyebabkan radang saluran pernapasan. Dalam jumlah besar nikotin sangat berbahaya, misalnya 20-50 mg nikotin dapat menyebabkan pernapasan terhenti. Pengaruh lainnya adalah dapat menaikkan tekanan darah, mempercepat denyut jantung, dan dapat menyebabkan ketagihan.
  2. Karbon monoksida, adalah gas beracun yang tidak berbau. Asap rokok mengandung CO dengan konsentrasi lebih dari 20.000 ppm. Daya afinitas (daya ikat) CO terhadap hemoglobin adalah 200 kali lebih tinggi dari pada afinitas oksigen terhadap hemoglobin. Akibatnya, bila manusia menghirup udara yang mengandung CO dengan konsentrasi tinggi akan menyebabkan darah kekurangan oksigen bahkan kehabisan oksigen. Akhirnya dapat mengakibatkan kematian karena darah hanya mengikat CO dalam bentuk COHb. Efek selanjutnya dapt menyebabkan jaringan pembuluh darah menyempit dan mengeras yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Bila karbon monoksida digabung dengan nikotin dapat mengakibatkan para perokok menderita penyakit penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.
  3. Tar, merupakan komponen sisa dari asap rokok sesudah nikotin jika tetesan-tetesan cairannya dihilangkan. Dalam sebatang rokok dapat menghasilkan 10-30 mg tar. Tar dapat menyebabkan risiko terhadap timbulnya kanker (karsinogenik).

Berikut adalah contoh penyakit yang timbul akibat merokok.

1. Bronkitis kronis

Bronkitis kronis merupakan bagian dari Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Penyakit ini menandakan adanya peradangan pada lapisan tabung bronkial (saluran yang membawa udara ke dan dari paru).

Peradangan tersebut menyebabkan lendir terlalu lengket hingga akhirnya menghambat aliran udara yang masuk dan keluar dari paru. Lambat laun, aliran udara jadi semakin buruk dan mengakibatkan sulit bernapas.

Peradangan pada tabung bronkial juga merusak silia. Akibatnya, paru tidak bisa membersihkan dirinya sendiri dan membuat kuman penyakit mudah berkembang di dalamnya.

Perlu Anda tahu bahwa hampir lebih dari 90 persen orang dengan bronkitis kronis memiliki kebiasaan merokok. Meski begitu, perokok pasif juga berisiko terkena masalah ini akibat menghirup asap rokok yang terlampau sering.

Gejala khas dari bronkitis kronis adalah batuk berkepanjangan dengan dahak yang berwarna kuning, hijau, atau putih. Gejala lainnya yang mungkin terjadi, meliputi:

  • Demam atau tubuh panas dingin
  • Kelelahan
  • Nyeri dada karena sering batuk
  • Hidung tersumbat
  • Bau mulut
  • Kulit dan bibir membiru karena kekurangan oksigen
  • Pembengkakan di kaki

2. Emfisema

Selain bronkitis, perokok aktif juga bisa terkena penyakit emfisema. Penyakit ini menandakan bahwa alveoli, yaitu kantung udara pada paru rusak, melemah, dan akhirnya pecah.

Kondisi ini mengurangi luas permukaan paru dan jumlah oksigen yang dapat mencapai aliran darah. Orang dengan emfisema cenderung kesulitan untuk bernapas ketika melakukan aktivitas berat atau berolahraga karena paru kehilangan kelenturannya.

Emfisema juga termasuk ke dalam PPOK, yang penyebab utamanya adalah merokok. Banyak pasien bronkitis kronis juga memiliki emfisema, jika tidak mendapat perawatan. Sayangnya, emfisema sering kali hadir tanpa disadari. Gejala awal yang menandakan emfisema, meliputi kesulitan bernapas saat olahraga dan batuk.  Gejala lain yang mungkin terjadi, termasuk:

  • Mudah lelah dan kesulitan bernapas bahkan saat beristirahat
  • Detak jantung cepat (aritmia)
  • Penurunan berat badan
  • Sesak napas
  • Bibir dan kuku jari membiru karena kekurangan oksigen

3. Kanker Paru

Bahaya merokok bagi kesehatan paru lainnya adalah kanker. Ya, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru.

Zat kimia pada rokok yang masuk ke tubuh kemungkinan besar merangsang pertumbuhan sel pada paru jadi tidak normal. Sel kanker biasanya muncul di sekitar lapisan bronkus atau area lain pada saluran pernapasan, menyebabkan benjolan, dan terus menyebar ke jaringan lainnya.

Jika Anda sudah memiliki bronkitis atau emfisema, risiko terkena kanker paru-paru jadi lebih tinggi. Penelitian memperkirakan bahwa seorang pria usia 68 tahun, merokok dua bungkus per hari selama 50 tahun memiliki risiko kanker paru sebesar 15 persen dalam 10 tahun ke depan. Risiko kanker paru akan menurun jadi menjadi 10,8 persen jika ia berhenti merokok.

Beberapa gejala kanker paru yang perlu diperhatikan, meliputi:

  • Batuk kadang disertai sedikit darah
  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Suara serak
  • Wajah dan leher membengkak
  • Nyeri pada bahu, lengan, atau tangan
  • Sering demam

4. Pneumonia

Meskipun pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur, merokok dapat menurunkan sistem imun untuk melawan patogen penyebab pneumonia. Kondisi ini menandakan adanya infeksi pada kantung udara di paru. Anda lebih mungkin terkena pneumonia jika Anda memiliki PPOK, seperti bronkitis atau emfisema.

Gejala pneumonia bervariasi pada setiap orang dari ringan hingga parah, tergantung jenis kuman yang menginfeksi, usia, dan kesehatan tubuh. Gejala pneumonia yang mungkin Anda alami mirip seperti flu, namun terjadi dalam waktu yang lebih lama dan diikuti gejala lain, seperti:

  • Nyeri dada saat bernapas atau batuk
  • Batuk berdahak
  • Tubuh lemas dan kelelahan
  • Demam disertai tubuh menggigil dan berkeringat
  • Mual, muntah, atau diare
  • Sesak napas

Batuk merupakan gejala penyakit paru yang sangat khas pada perokok. Jika batuk tidak kunjung sembuh dan diikuti berbagai gejala, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Lebih baik lagi jika Anda menghentikan kebiasaan merokok, meski tidak mudah dan butuh perjuangan keras.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

Link Produk Terkait :

Paket Tabung Oksigen 0.5 M3 + Isi Oxygen + Troli + regulator + Selang

Paket Tabung Oksigen 1,5M3 + Isi Oxygen + Troli + Regulator Oxigen + Selang O2

Paket Tabung Oksigen 2M3 + Isi + Troli + Regulator + Selang

Bagikan informasi tentang Bahaya Merokok Terhadap Sistem Pernapasan kepada teman atau kerabat Anda.

Bahaya Merokok Terhadap Sistem Pernapasan | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Bahaya Merokok Terhadap Sistem Pernapasan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})