Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tabung oksigen, nebulizer, masker oksigen, kolostomi bag, stetoskop, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Cara Mengatasi Tabung Oksigen Yang Berbunyi

Cara Mengatasi Tabung Oksigen Yang Berbunyi

Diposting pada 16 Januari 2019 oleh mastha medica

Beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat membuat seseorang memerlukan bantuan pernafasan tambahan seperti tabung oksigen beserta masker atau selang oksigennya. Kelebihan dari tabung oksigen adalah lebih praktis dibandingkan konsentrator oksigen yang berbentuk mesin.

Meski keberadaan tabung oksigen dirumah dapat membantu menyelamatkan jiwa, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyimpanan tabung oksigen di rumah adalah:

  • Jarak penempatan tabung oksigen dari sumber api setidaknya 1.5 – 3 meter
  • Untuk menghindari terjadinya kebakaran, usahakan tidak menggunakan alat listrik yang berpotensi memercikan api
  • Jauhkan cairan yang mudah terbakar dari tabung oksigen. Terutama cairan atau losion yang mengandung alkohol
  • Untuk membersihkan tabung oksigen sebaiknya gunakan air biasa
  • Hindari untuk merokok di dekat tabung oksigen

Bila pada saat penggunaan terdapat suara yang keluar dari tabung oksigen, kemungkinan ada kebocoran dari tabung oksigen tersebut. Untuk memastikannya mintalah petugas penjual dari alat-alat kesehatan untuk memeriksakan tabung oksigen Anda dan jaga tabung tersebut agar tidak terlontar dari tempatnya serta hindari untuk memperbaiki sendiri bila terjadi kerusakan dari tabung oksigen Anda.

Pemakaian tabung oksigen sendiri harus mendapat petunjuk dan evaluasi dari tenaga medis yang kompeten agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perlu diingat bahwa pemakaian tabung oksigen di rumah bukan untuk pertolongan jangka panjang.

Selain jangka waktu pemberian, perlu diperhatikan petunjuk pemberian dosis yang tepat. Misalnya, pada pertolongan penyakit jantung atau paru-paru, jika sudah mencapai kadar oksigen dalam darah yang normal, maka disarankan untuk menghentikan pemakaian tabung oksigen.

Keamanan dan Keselamatan Memakai Tabung Oksigen

Meski keberadaan tabung oksigen di rumah bisa menyelamatkan jiwa, namun bukan berarti tanpa risiko. Salah satu risiko yang sering menjadi perhatian adalah potensi terjadinya kebakaran. Perhatian akan keselamatan pemakaian tabung oksigen masih sering diabaikan oleh sebagian besar penggunanya.

Agar keberadaan alat ini tidak menyebabkan hal-hal yang merugikan, maka beberapa hal di bawah ini harus dilakukan jika Anda ingin menyimpan tabung oksigen di rumah.

  • Perhatikan jarak penempatan tabung oksigen dari tempat-tempat yang mengeluarkan api. Jarak aman untuk menempatkan tabung oksigen dari sumber api adalah 1,5-3 meter.
  • Untuk menghindari terjadinya kebakaran, usahakan tidak memakai alat-alat listrik yang berpotensi memercikkan api saat memakai tabung oksigen.
  • Jauhkan cairan yang mudah terbakar dari tabung oksigen. Bahkan losion mengandung alkohol, sebaiknya tidak dioleskan pada pasien saat sedang menghirup tabung oksigen.
  • Jangan membersihkan tabung oksigen dengan cairan yang mudah terbakar. Menggunakan air lebih aman untuk membersihkannya.
  • Pastikan semua orang mengetahui aturan untuk tidak menyalakan api, misalnya merokok, di tempat Anda menyimpan tabung oksigen. Menempelkan tanda dilarang merokok di tempat tabung oksigen berada merupakan salah satu cara efektif memberi tahu semua orang.
  • Usahakan tabung oksigen tidak tergeletak begitu saja agar alat ini tidak terlontar saat terjadi kebocoran.
  • Jangan mencoba memperbaiki sendiri kerusakan pada tabung oksigen. Lebih aman jika Anda memanggil teknisi dari perusahaan tempat Anda membeli tabung oksigen.
  • Pastikan detektor asap di rumah bekerja dengan benar. Anda juga harus melengkapi rumah dengan alat pemadam kebakaran.
  • Jika aliran listrik mengalami kerusakan, pastikan petugas yang memperbaikinya mengetahui bahwa Anda memiliki tabung oksigen.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Cara Mengatasi Tabung Oksigen Yang Berbunyi kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengatasi Tabung Oksigen Yang Berbunyi | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Cara Mengatasi Tabung Oksigen Yang Berbunyi

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR
})