Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tabung oksigen, nebulizer, masker oksigen, kolostomi bag, stetoskop, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Napas buatan sebagai pertolongan pertama

Napas buatan sebagai pertolongan pertama

Diposting pada 9 Januari 2019 oleh mastha medica

Saat menemukan orang dalam kondisi pingsan atau tak sadarkan diri di rumah apa yang akan kalian lakukan?  Memberikan napas buatan merupakan salah satu cara untuk memberikan pertolongan. Jika dilakukan secara benar dan kondisi korban mendukung, tindakan tersebut dapat menyelamatkan jiwa korban.

Napas buatan merupakan udara yang ditiupkan dari seseorang ke orang lainnya. Padahal, udara yang dihasilkan dari tiupan adalah udara yang sudah melewati pemrosesan di dalam tubuh yang berarti mengandung karbondioksida. Lantas kenapa napas buatan masih bermanfaat bagi korban?

Udara yang dihirup untuk mendapatkan oksigen pun sebenarnya tidak sepenuhnya terdiri dari oksigen. Kadar oksigen di dalam udara yang dihirup hanya sekitar 21 persen. Setelah dihirup, udara diproses oleh tubuh dan kadarnya berkurang sekitar 5 persen, sehingga saat dihembuskan, udara masih mengandung 16 persen oksigen. Dari hasil memrosesan, tubuh memproduksi karbon sekitar 1 persen.

Dengan kata lain, udara yang dikatakan mengandung karbondioksida saat dihembuskan itu mengandung karbon 1 persen dan oksigen 16 persen. Karena kadar oksigennya masih tinggi, maka udara masih bisa memberikan manfaat bagi korban yang diberi napas buatan.

Sedarurat apapun keadaannya, pemberian napas buatan juga perlu memperhatikan standar keamanan, tujuannya untuk melindungi penolong dari tertular penyakit dari korban. Itulah mengapa, penolong perlu mengenakan alat perlindungan diri yang minimal terdiri dari masker dan sarung tangan.

Cara melakukan pernapasan buatan terdiri dari prinsip ABC atau airway (jalan pernapasan), breathing (pernapasan), dan circulation (sirkulasi).

– Airway: buka jalan pernapasan

Sebelum membuka jalan pernapasan, maka yang perlu dipastikan adalah kesadaran dari korban. Tes kesadaran bisa dilakukan dengan memanggil korban. Bila tidak ada respon maka bisa dilanjutkan dengan mencubit lenggan atau menekan dada korban. Jika korban tidak memberikan reaksi apapun, maka segeralah cek apakah jalan napasnya tertutup atau tidak.

Biasanya jika korban tidak sadar maka otot menjadi rileks dan lidahnya pun menyumbat jalan pernapasan. Tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan memiringkan kepala dan mengangkat dagu supaya lidah menjauh dari saluran pernapasan. Penolong juga perlu mengangkat kepala dan dagu korban untuk membuka jalan pernapasan.

– Breathing: bernapas bagi korban

Prinsip pernapasan buatan mulut ke mulut sederhana saja, penolong bernapas bagi korban yang tidak bereaksi. Caranya adalah dengan mendongakkan kepala korban dengan menaruh telapak tangan penolong di dahi korban. Kemudian menutup lubang hidung, dan meniup rongga mulut korban. Peniupan dilakukan sekitar 10 sampai 12 kali per menit.

Pastikan penolong selalu memantau reaksi korban. Bila ada tanda-tanda bernapas, batuk, atau gerakan maka lanjutkan ke perbaikan sirkulasi. Namun bila belum bernapas, lakukan lagi memberikan pernapasan buatan.

– Sirculation: memulihkan sirkulasi darah

Agar oksigen sampai ke otak, aliran darah korban harus dipulihkan. Apabila tidak menemukan tanda-tanda kehidupan pada korban maka penekanan jantung perlu dilakukan untuk memulihkan sirkulasi darah.

Solusi utama untuk menangani masalah ini yaitu kita harus sedia tabung oksigen di rumah untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Kami menyediakan tabung oksigen untuk memenuhi kebutuhan keluarga anda KLIK LINK INI

Produk terkait :

Paket Tabung Oksigen 2M3 + Isi + Troli + Regulator + Selang

 

Paket Tabung Oksigen 1M3 + Isi + Troli + Regulator + Selang O2

Bagikan informasi tentang Napas buatan sebagai pertolongan pertama kepada teman atau kerabat Anda.

Napas buatan sebagai pertolongan pertama | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Napas buatan sebagai pertolongan pertama

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR
})