Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tabung oksigen, nebulizer, masker oksigen, kolostomi bag, stetoskop, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Terapi Asma Yang Harus Anda Coba

Terapi Asma Yang Harus Anda Coba

Diposting pada 28 November 2018 oleh mastha medica

Gejala asma bersifat kambuhan dan dapat muncul tiba-tiba di waktu dan tempat yang tak terduga. Namun sebelum menjalani terapi asma tertentu, ada baiknya Anda konsultasi ke dokter dulu untuk cari tahu jenis asmanya dan seberapa parah gejala yang Anda miliki.

Tujuannya supaya Anda dapat mengantisipasi apa yang perlu Anda lakukan untuk mencegah sekaligus menangani serangan asma ketika kambuh. Konsultasi ke dokter juga penting agar Anda benar-benar tahu obat dan terapi asma seperti apa yang efektif khususnya untuk kondisi Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan keparahan gejala asma :

1. Jangan malas bangun pagi! Sinar matahari dan udara pagi adalah obat mujarab yang sayang jika dilewatkan

Vitamin D dapat mengendalikan bagian sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif pada penderita asma. Penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang dengan tingkat vitamin D yang tinggi mampu mengontrol asma. Begitupun dengan udara segar di pagi hari yang baik untuk kesehatan paru-paru.

2. Sangatlah penting untuk melakukan meditasi atau senam pernapasan guna melatih organ paru-paru yang terganggu

Senam pernapasan dilakukan untuk melatih organ paru-paru agar bisa memiliki kapasitas yang normal. Kamu bisa lakukan pernapasan diafragma yang berguna untuk memaksimalkan distribusi udara dalam paru.

  • Lakukan dengan duduk atau berbaring.
  • Mulailah dengan mengambil nafas pelan dan dalam lewat hidung, hembuskan juga perlahan lewat mulut.
  • Lakukan latihan ini dengan berkonsentrasi pada pernafasan.

Saat melakukan olah napas, tingkat karbondioksida dalam tubuh akan meningkat. Dengan membiasakan tubuh pada keadaan ini, akan menjadikan tubuhmu semakin kuat jika asma menyerang.

3. Rajin membersihkan lingkungan agar terhindar dari debu yang dapat mengganggu pernapasan

Penderita asma sangat alergi terhadap debu. Nah, untuk mencegahnya, buatlah lingkungan rumah atau tempat kerja senantiasa bersih dan terhindar dari debu dan kotoran. Terutama barang-barang yang memicu banyaknya debu yang menempel seperti karpet dan boneka.

Gantilah juga sarung bantal dan sprei secara rutin untuk mengurangi penumpukan debu dan kotoran yang bisa terhirup olehmu kapanpun. Hindari kasur atau bantal berbahan kapuk karena dapat memicu alergi, kasur spons atau spring bed dilengkapi dengan bantal berbahan dracon lebih baik bagi penderita asma.

Sebagai catatan, jangan gunakan pembersih berbahan karbol atau kreolin karena memiliki aroma yang kuat dan dapat memicu serangan asma.

4. Buatlah jadwal rutin untuk mengunjungi tempat yang memiliki udara bersih, demi menguras saluran pernapasanmu. Ke pantai misalnya

Menurut dr. Faisal Yunus, Ph.D., Sp.P. (K), pakar di bidang pernapasan dan paru-paru mengatakan bahwa salah satu upaya penyembuhan gejala asma adalah dengan menghirup udara segara di pantai.

Udara laut memang lebih bersih dibandingkan udara di perkotaan, bersihnya angin laut inilah yang disinyalir bagus bagi penderita asma. Sebenarnya, udara di pegunungan juga bersih, namun cuacanya yang cenderung dingin seringkali justru memicu serangan asma lebih lanjut.

5. Serangan asma menyebabkan dehidrasi, perbanyak minum air putih agar pernapasanmu lancar kembali

Serangan asma akibat penyempitan saluran pernapasan menyebabkan terjadinya dehidrasi yang sangat parah. Kondisi inilah yang biasanya nggak terdiagnosa oleh dokter secara psikologis. Makanya, selalu sediakan air kapanpun dimanapun untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan ini.

Rajin meminum air putih ternyata juga sangat membantu dalam usaha pengobatan asma. Karena air putih mengandung oksigen yang sehat untuk tubuh, sekaligus juga sangat baik untuk kesehatan paru- paru. Jadi, minumlah air putih minimal 8 gelas sehari supaya paru-paru tetap sehat, ya!

6. Gunakan masker ketika berada di luar ruangan, apalagi di tempat-tempat yang berpotensi terkena polusi udara

Mengingat banyaknya pantangan yang dimiliki penderita asma, maka berjalan ke luar rumah di mana lingkungannya terpapar polusi tentu menjadi hal yang sulit, namun bukan berarti kamu harus tetap tinggal di dalam rumah selamanya. Hindari tempat-tempat yang terpapar asap rokok dan polusi yang berlebihan.

Penggunaan masker yang mencegah debu bisa mengurangi resiko terserang asma. Namun kamu juga harus perhatikan cara penggunaan masker yang tepat. Baiknya nggak digunakan lebih dari sekali pakai, untuk masker bedah yang biasa disediakan di apotik-apotik, ya!

7. Hindari memelihara hewan berbulu yang memicu serangan asma mendadak akibat bulu yang beterbangan

Penderita asma harus menjauhi semua hewan yang memiliki bulu yang mudah rontok seperti anjing dan kucing. Sebenarnya selain bulu hewan, penderita asma juga sangat rentan terhadap beberapa partikel kotor yang berasal dari hewan seperti air liur dan kulit binatang.

Untuk itu, sebaiknya kamu nggak memelihara hewan seperti anjing dan kucing. Ikan bisa jadi solusi jika kamu ingin memiliki hewan peliharaan

8. Olahraga renang sangat bagus untuk melatih pernapasan, jauhi olahraga berat yang memicu kelelahan

Berenang merupakan olahraga yang dapat menjaga kesehatan jantung serta paru-paru. Karenanya, berenang menjadi salah satu cara mengobati asma dan sesak napas yang cukup efektif. Berenanglah minimal sekali seminggu, dengan melakukannya secara teratur maka organ pernapasan akan menjadi sehat.

Jauhi jenis olahraga berat dan kompetitif yang memicu kelelahan dan membutuhkan banyak tenaga. Jenis olahraga yang berat justru menyebabkan kamu kesulitan untuk bernapas.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan keparahan gejala asma.

Semoga Bermanfaat 🙂

El

 

Produk Terkait :

Paket Tabung Oksigen 2M3 + Isi + Troli + Regulator + Selang

Paket Tabung Oksigen 0.5 M3 + Isi Oxygen + Troli + regulator + Selang

Masker Oksigen

Bagikan informasi tentang Terapi Asma Yang Harus Anda Coba kepada teman atau kerabat Anda.

Terapi Asma Yang Harus Anda Coba | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Terapi Asma Yang Harus Anda Coba

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
SIDEBAR
})