Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tabung oksigen, nebulizer, masker oksigen, kolostomi bag, stetoskop, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Apa itu Regulator Oksigen ?

Apa itu Regulator Oksigen ?

Diposting pada 23 Februari 2019 oleh mastha medica

Regulator oksigen merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur volume, tekanan, dan kelembapan oksigen yang diberikan ke pasien, serta memantau isi tabung.

Bila Anda pernah melihat seseorang memakai tabung oksigen, yang disebut regulator adalah alat dengan ukuran yang disambungkan ke tabung oksigen tersebut, tidak termasuk selangnya.

Alat ini biasanya juga dihubungkan dengan tabung air untuk menambahkan kelembapan pada oksigen yang dihirup pasien. Tanpa regulator kita tidak bisa mengukur berapa banyak yang dikeluarkan oleh tabung dan udaranya kering.

Ada banyak kondisi yang membutuhkan tabung oksigen dan regulatornya. Namun, pada dasarnya adalah gangguan pernapasan. Salah satu penyakit yang paling sering menggunakan tabung oksigen adalah asma. Ketika asma kambuh, pasien mengalami sesak napas dan kebutuhan oksigennya meningkat untuk sementara waktu (akut).

Penyakit lain yang juga membutuhkan bantuan tabung oksigen adalah penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit yang penyebab utamanya adalah rokok ini merupakan kondisi di mana saluran pernapasan pasien mengalami penyempitan sehingga kekurangan oksigen.

Pasien PPOK memang bisa mengalami sejenis kekambuhan yang disebut eksaserbasi di mana kebutuhan oksigennya menjadi lebih besar. Akan tetapi, PPOK juga bersifat kronik progresif yang artinya menahun dan cenderung memburuk. Pada pasien PPOK yang berat, kebutuhan oksigen sehari-harinya pun sudah berkurang karena kemampuan paru-parunya untuk menyerap oksigen menurun. Orang-orang inilah yang membutuhkan (tabung) oksigen secara terus-menerus. Kita istilahkan terapi oksigen jangka panjang.

Selain asma dan PPOK, penyakit lain di mana fungsi paru pasien berkurang, seperti kanker paru, TBC, dan stroke yang menganggung fungsi pernapasan, juga memerlukan bantuan oksigen jangka panjang.

Regulator Tabung Oksigen Nesco

Regulator Tabung Oksigen Gea Medical Regulator XY-98

Terkait penyalahgunaan regulator oksigen atau istilah yang lebih tepat mungkin adalah kekeliruan dalam penggunaan, misalnya pemasangan regulator yang tidak pas sehingga menimbulkan kebocoran atau pasien tidak mengikuti anjuran dokter untuk mengatur tekanannya.

Kadang-kadang, orang suka salah persepsi bahwa kebutuhan oksigen itu banyak-banyak supaya cepat sembuh. Jadi yang seharusnya 2 liter per menit dipasang 5 liter per menit. Ini juga berbahaya karena kalau badan kita mendapatkan oksigen secara mendadak di luar batas yang seharusnya, paru-paru kita pun bisa pecah.

Lalu, meskipun namanya regulator oksigen, alat ini juga bisa digunakan untuk gas lainnya, misalnya nitrogen dan karbon dioksida. Bisa digunakan (untuk gas lain) karena dia fungsinya untuk mengatur volume dan tekanan saja. Tapi karena gas itu akan bertemu di dalam, sebaiknya satu gas satu regulator saja.

Semoga Bermanfaat 🙂

 

 

Bagikan informasi tentang Apa itu Regulator Oksigen ? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa itu Regulator Oksigen ? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Apa itu Regulator Oksigen ?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
STOK HABIS
STOK HABIS
SIDEBAR
})